Menilai Dampak Nilai Pragmatis dan Government Trust Terhadap Penggunaan BPJS Kesehatan Pada Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.69836/ncrcs-sinesia.v1i1.79Keywords:
Gen Z, public trust, pragmatic values, the use of BPJS HealthAbstract
Meningkatnya cakupan BPJS Kesehatan di Indonesia belum diimbangi dengan pemanfaatan layanan aktif, terutama Gen Z yang masih belum optimal. Penelitian ini secara praktis meneliti bagaimana orientasi nilai pragmatis dan kepercayaan institusional membentuk keterlibatan perilaku Gen Z pada pemanfaatan layanan BPJS. Mengacu pada teori pilihan rasional dan kepercayaan intitusional, kami melakukan studi kuantitatif yang melibatkan 121 responden Gen Z (usia 16-28 tahun) yang terdaftar BPJS KESEHATAN dan status aktif. Dengan desain penelitian kuantitatif eksplanatori, data primer sebagai data utama dari hasil kuesioner yang disebar berbasis Skala Likert yang divalidasi dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda didukung uji asumsi klasik. Hasil penelitian bahwa nilai pragmatis (β = 15,998, p-value < 0,05) dan kepercayaan pemerintah (β = 8,797, p-value < 0.05) secara signifikan dan positif memengaruhi pemanfaatan BPJS Kesehatan. Nilai pragmatis muncul sebagai predictor terkuat yang ditunjukan bahwa Gen Z untuk menggunakan BPJS sangat dipengaruhi efisiensi dan persepsi kegunaan. Sementara, kepercayaan institusional memperkuat partisipasi dengan meningkatkan kepercayaan terhadap system. Model menjelaskan 28,1% varians dalam perilaku pemanfaatan. Penelitian mengungkap cakupan structural saja tidak cukup, penyerapan perilaku bergantung pada keselarasan nilai dan kredibilitas kelembagaan untuk mendorong keterlibatan yang lebih besar bagi pengguna muda dan direkomendasikan kebijakan menekankan keharusan strategis untuk mendesain ulang komunikasi BPJS dan membangun modal kepercayaan di kalangan Gen Z.
References
Ahmed, M. M., Okesanya, O. J., Olaleke, N. O., Adigun, O. A., Adebayo, U. O., Oso, T. A., Eshun, G., & Lucero-Prisno, D. E. (2025). Integrating Digital Health Innovations to Achieve Universal Health Coverage: Promoting Health Outcomes and Quality Through Global Public Health Equity. Healthcare 2025, Vol. 13, Page 1060, 13(9), 1060. https://doi.org/10.3390/healthcare13091060
Alruthaya, A., Nguyen, T. T., & Lokuge, S. (2021). The Application of Digital Technology and the Learning Characteristics of Generation Z in Higher Education. ACIS 2021 - Australasian Conference on Information Systems, Proceedings.
BPJS Kesehatan. (2025, March). Laporan Pengelolaan Program Jaminan Sosial Kesehatan s.d 31 Maret 2025.
BPS. (2021). Berita Resmi Statistik Hasil Sensus Penduduk 2020.
BPS. (2023a). Analisis Isu Terkini 2024 (Direktorat Analisis dan Pengembangan Statistik (Ed.)). Badan Pusat Statistik.
BPS. (2023b). Profil Statistik Kesehatan 2023. In Badan Pusat Statistik (Vol. 7, Issue 1). BPS.
Faeni, D. P. (2023). SERVQUAL measures: Indonesian government healthcare (BPJS) from a human resource perspective. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(2), 2271. https://doi.org/10.24294/jipd.v8i2.2271
Fahlevi, M., & Alharbi, N. S. (2021). The Used of Technology to Improve Health Social Security Agency Services in Indonesia. 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent Systems, ICORIS 2021. https://doi.org/10.1109/ICORIS52787.2021.9649649
Jiao, W., Chang, A., Ho, M., Lu, Q., Liu, M. T., & Schulz, P. J. (2023). Predicting and Empowering Health for Generation Z by Comparing Health Information Seeking and Digital Health Literacy: Cross-Sectional Questionnaire Study. Journal of Medical Internet Research, 25(1), e47595. https://doi.org/10.2196/47595
Lu, J. F. R., & Liang, L. L. (2024). The Role of Digital Health Under Taiwan’s National Health Insurance System: Progress and Challenges. Health Systems and Reform, 10(2). https://doi.org/10.1080/23288604.2024.2375433
Majumdar, B. (2023). Youth Leadership and Participation in Political Processes. Handbook of Youth Development, 457–479. https://doi.org/10.1007/978-981-99-4969-4_26
Mustikawati, I. F., Sulaeman, E. S., Subiyanto, A. A., & Suminah, S. (2024). Health promotion model in the utilization of health services for Indonesian social security agency for health participants. Narra J, 4(3), e1300–e1300. https://doi.org/10.52225/NARRA.V4I3.1300
Nabilfavian Evandinnartha, A., Syamsu Hidayat, M., Studi Magister Kesehatan Masyarakat, P., Magister Kesehatan Masyarakat, F., Ahmad Dahlan, U., & Istimewa Yogyakarta, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Loyalitas Pasien : Literature Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(6), 1025–1032. https://doi.org/10.56338/MPPKI.V6I6.3256
Nagarajan, D. V. (2024). Zoomers and healthcare choices: A study of mental processes of consumer decision-making in the digital age. Journal of Consumer Behaviour, 23(6), 2952–2974. https://doi.org/10.1002/CB.2382
Ranabhat, C. L., Acharya, S. P., Adhikari, C., & Kim, C. B. (2023). Universal health coverage evolution, ongoing trend, and future challenge: A conceptual and historical policy review. Frontiers in Public Health, 11, 1041459. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.1041459
Rizal, M. F. (2025). Public Health Insurance and Healthcare Utilisation Decisions of Young Adults. Health Economics, 34(3), 500–517. https://doi.org/10.1002/HEC.4922
Rosmanely, S., Dwi Andhana, A., Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, P., & Penulis, K. (2023). Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan BPJS Kesehatan pada Pedagang di Pasar Sentral Kota Makassar Tahun 2023: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(7), 1469–1477. https://doi.org/10.56338/MPPKI.V6I7.3499
Sinha, J. I. (2025). Tapping Generation Z micro-influencers for marketing and branding. Journal of Brand Strategy, 13(4), 391–401. https://doi.org/10.69554/MKSO7650
Wenang, S., Schaefers, J., Afdal, A., Gufron, A., Geyer, S., Dewanto, I., & Haier, J. (2021). Availability and Accessibility of Primary Care for the Remote, Rural, and Poor Population of Indonesia. Frontiers in Public Health, 9, 721886. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.721886
WHO. (2025). Universal health coverage (UHC).
